Budidaya Ragam Manfaat

manfaat menanam bunga anggrek di halaman rumah

halotani.com – Mengenal jenis bunga anggrek dan manfaat menanamnya

Orchidaceae atau yang biasa kita sebut bunga anggrek adalah bunga yang tersebar dan banyak tumbuh di iklim tropika.

Jenis bunga anggrek diklasifikasikan menjadi 2 yaitu menurut tipe pertumbuhan dan menurut tempat dimana bunga ini tumbuh.

Jenis bunga anggrek menurut tipe pertumbuhannya yaitu :

  • Monopodial, jenis anggrek ini tumbuh pada satu batang dan bunganya muncul dari ujung batang. Pembudidayaan anggrek jenis ini bisa menggunakan biji maupun stek batang. Contohnya yaitu anggrek bulan (Phalaenopsis sp.) yang banyak ditemukan di Indonesia.
  • Simpodial, jenis anggrek ini memiliki titik tumbuh lebih dari satu oleh karena itu bunganya bisa muncul pada ujung, sisi batangt, maupun dari akar. Pembudidayaan anggrek ini bisa dengan cara split dan dengan biji. Contohnya Dendrobium sp. Dan Cattleya sp.

Jenis bunga anggrek dilihat dari tempat tumbuhnya yaitu :

  • Anggrek epifit, jenis tanaman anggrek yang menumpang pada tanaman lain tanpa merugikan inangnya. Contohnya, Cattleya sp., Dendrobium sp., Vanda sp., dan Phalaenopsis sp.
  • Anggrek terestial, jenis tanaman anggrek yang membutuhkan cahaya matahari secara langsung. Contohnya, Phaius sp.
  • Anggrek saprofit, Jenis tanaman anggrek yang tumbuh pada tempat yang banyak mengandung humus dan tidak memerlukan banyak sinar matahari. Jenis anggrek ini biasanya tidak ada daun dan klorofil. Contohnya, Goodyera sp.
  • Anggrek Litofit, Jenis anggrek yang tumbuh pada media bebatuan dan tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Contohnya, Paphiopedilum sp.

Pada sebagian kalangan bunga ini dijadikan sebagai simbol kemewahan, keindahan bahkan ada yang menjadikan bunga anggrek sebagai simbol cinta. Di Yunani bunga anggrek oleh masyarakatnya dijadikan sebagai simbol kejantanan. Negara Tiongkok menjadi salah satu yang menjadikan anggrek sebagai wewangian kaisar kuno. Berbeda dengan masyarakat cina yang memanfaatkan bunga anggrek sebagai tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bunga anggrek di halaman rumah

Terlepas dari perbedaan pemanfaatan bunga anggrek di berbagai lapisan masyarakat, bunga ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Berikut ulasannya :

  • Dapat digunakan sebagai bahan makanan

Jenis anggrek Dendrobium bisa di manfaatkan sebagai olahan makanan seperti yang ada di Thailand dan Singapura yang menjadikan anggrek jenis ini menjadi snack. Di eropa anggrek di olah menjadi garnish dan hiasan pada kue dan Negara Nepal yang menjadikan bunga anggrek sebagai acar.

  • Menyembuhkan demam dan nyeri pada sendi

Jenis anggrek Aplestrum hymale biasa digunakan sebagai obat demam dan pasta dari daun hooteriana vanda bisa untuk mengobati nyeri sendi.

  • Mengatasi gangguan saraf dan fungsi otak

Jenis anggrek Cypripedium pb. Merupakan spesies anggrek yang bagian akarnya mengandung minyak atsiri, resin, tanin serta komponen lain yang berguna dalam penyembuhan penyakit iritabilitas saraf, histeria, kejang, gangguan fungsi otak dan kegilaan.

  • Sebagai tonik / teh herbal

Di masyarakat Cina anggrek jenis Dendrobium biasa dijadikan sebagai ramuan tonik / the herbal yang dicampur dengan akar licorice. Mereka percaya bahwa dengan mengkonsumsinya maka akan mendapat manfaat antara lain, Membantu melembabkan kulit, mengatasi dehidrasi, mengobati penyakit tuberkolusis, perut kembung, demam,  untuk kesehatan mata dan mampu meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal.

  • Menambah nilai estetika dan menghilangkan polusi udara yang beracun

Dengan menanam anggrek di halam rumah ataupun di lingkungan sekitar rumah maka akan mempercantik pemandangan serta menambah nilai estetika sehingga mampu mengurangi stress karena keindahan dan aroma yang di dapat dari menanam anggrek. Efek relaksasi juga akan diperolah guna memberi ketenangan dan kedamaian bagi penanamnya. Selain itu tanaman anggrek juga dipercaya mampu mengurangi polusi dan racun yang terbawa udara sehingga akan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tinggalkan Balasan