Berita Halo Perkebunan Halo Pertanian

Kelapa Genjah Entog Varietas Unggulan Kebumen

Kelapa Genjah Entog Varietas Unggulan Kebumen

Halotani.com – Kabupaten kebumen memiliki segudang potensi dan produk unggulan yang jarang diketahi masyarakat luas. Baru-baru ini kebumen telah resmi memiliki varietas kelapa lokal yang dinamakan ‘Genjah Entog’.

Sumber : Humas Kabupaten Kebumen

Kelapa Genjah Entog ini telah resmi ditetapkan sebagai varietas unggul Kebumen oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI pada sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan di Malang, Jawa Timur tepatnya pada tanggal 7-9 November 2018. Dengan hasil sidang ini Kabupaten Kebumen resmi menyandang sebagai pemilik varietas kelapa Genjah Entog.

Kelapa Genjah Entog sendiri merupakan idola baru di sektor perkebunan Indonesia. Kelapa ini berjenis genjah (pendek) yang cepat berbuah di usia kurang lebih 3-4 tahun. Tanaman yang baik dikembangkan pada dataran rendah dengan ketinggian 0-450 mdpl (meter diatas permukaan laut) ini memiliki ciri yang khas yaitu buahnya yang berwarna bulat hijau serta daging buahnya yang cukup tebal, memiliki ukuran buah yang besar dan mampu menghasilkan nira kelapa.

Bibit Kelapa Genjah Entog

Ciri lain dari kelapa genjah entog Kebumen yaitu daunnya yang kaku atau tidak landai atau lemas dan memiliki batang pohon yang lurus tidak mbotol (tidak menyerupai botol).

Kelapa genjah entog termasuk tanaman yang bernilai jual tinggi karena memiliki produktifitas yang tinggi hingga mencapai 140 butir per pohon peertahun setelah mencapai usia dewasa.

Menurut data dinas pertanian dan pangan kabupaten kebumen, luas lahan yang ditanami pohon kelapa di Kabupaten Kebumen mencapai 33.565 Ha. Karena luasan tersebut Kebumen menduduki peringkat ke- 3 di pulau jawa dan berada pada peringkat ke-14  ditingkat Nasional.

Tinggalkan Balasan