Halo Tips Ragam Manfaat

Makna tersirat dari warna sayuran

Tips mengetahui kandungan dari warna sayuran

halotani.com – Sayuran adalah menu wajib yang harus ada dalam keseharian manusia. Namun terkadang masih banyak kalangan yang tidak suka ataupun tidak mau mengkonsumsi sayuran. Padahal jika dilihat dari manfaatnya, sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Dari berbagai macam sayuran dan berbagai warnanya ternyata mengandung makna tersirat yang dimilikinya. Setiap warna pada sayuran memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda jika kita menyantapnya.

Warna Hijau, artinya mengandung klorofil yang bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker, membantu melindungi tulang, gigi, untuk ketajaman penglihatan, dan melancarkan pencernaan.

Warna putih, artinya mengandung senyawa antoxantin yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Warna merah pada sayuran dipengaruhi oleh senyawa likopen dan antosianin yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah ke jantung, melindungi tubuh dari serangan virus, dan mencegah penuaan dini.

Warna kuning dan oranye berarti mengandung beta karoten yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan, serta meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Warna gelap atau ungu menandakan bahwa sayuran memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga ketajaman daya ingat dan meminimalisir resiko kanker terutama kanker prostat.

Ilustrasi sayuran

Selain dari warna yang mengandung makna tersirat, sayuran memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Tabel. Kandungan gizi pada beberapa sayuran

Dari berbagai macam gizi dan manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi sayuran, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menjadikan sayuran sebagai menu wajib di meja makan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan