Budidaya Halo Perkebunan Hortikultura Ragam Manfaat

Manfaat mengkonsumsi Jambu Kristal

Ragam Manfaat Dari Jambu Kristal

halotani.com – Jambu kristal merupakan buah yang masih jarang dibudidayakan di Indonesia dan peminatnya pun masih sedikit. Awal mula di temukan yaitu pada tahun 1991 di Kao Shiung Taiwan dan kemudian diperkenalkan di Indonesia oleh Misi Teknik Taiwan.

Sebelum ditemukannya jambu kristal sebenarnya sudah ditemukan jambu sejenis yang bisa di bilang jambu non biji yaitu jambu sukun. Namun karena produktifitas yang rendah sehingga jika dilihat dari sudut pandang ekonomi maka dianggap kurang menguntungkan dan tidak di komersilkan. Rendahnya produktifitas diakibatkan karena jambu tidak memiliki biji padahal biji merupakan penyedia energi untuk pembesaran buah dan ketika tanpa biji maka buah menjadi gampang rontok.

Kebun buah jambu kristal

Kemudian dikembangkanlah jambu kristal, yang tetap memiliki biji namun hanya sebesar 3% dari bagian buah sehingga memiliki keistimewaan dibanding jenis jambu yang lain, antara lain tanaman dapat berbuah sepanjang tahun, dan bobot rata-rata perbuahnya berkisar antara 400-500 gram.

Selain hal tersebut, jambu kristal juga kaya akan manfaat dan kandungan gizi yang patut dipertimbangkan sebagai buah yang layak di konsumsi sehari-hari. Berikut sedikit ulasan mengenai manfaat jambu kristal :

  • Sumber vitamin

Memiliki Kandungan Vitamin C dalam buah yaitu sebesar 87 mg, yang lebih dari jeruk manis sekitar 49 mg/100 g, dan lima kali lipat dari orange 19 mg/100 g, dan delapan kali dari lemon 10,5 mg/100 g. dalam hal ini maka kandungan jambu kristal lebih dari jambu bol dan jambu air yang kandungan vitamin C nya hanya per 10 mg di banding dengan jambu kristal 17 kali lipat dari jambu Bol 22 mg/100 g, jambu air 5 mg/100 g.

Kandungan Vitamin A yang sangat tinggi. Sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh salah satunya baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu vitamin E dan zat besi juga dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi buah ini.

  • Mampu mencegah sembelit

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat menghindari resiko gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar. Jambu kristal memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa di rasakan manfaatnya.

  • Untuk kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang dimiliki jambu kristal dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya secara rutin sehingga kesehatan tulang dapat terjaga. Karena kalsium dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah-buahan tidak hanya dari mengkonsumsi susu.

  • Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

Dari berbagai macam vitamin, kalsium, zat besi serta mineral yang terkandung di dalam buah ini tentunya memilik berbagai manfaat yang baik untuk terjaga nya daya tahan tubuh sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit, tubuh menjadi fit dan segar dalam beraktivitas sehari-hari

Tinggalkan Balasan