Berita Cabai Halo Pertanian Hortikultura Lelang Pasar

Pasar lelang cabai guna stabilkan harga dan mendapat harga terbaik

Pasar lelang cabai guna stabilkan harga dan mendapat harga terbaik

halotani.com – Peresmian pasar lelang cabai di desa Tlogopragoto Kecamatan mirit menjadi angin segar bagi petani khususnya petani cabai di wilayah tersebut. Diharapkan, dengan adanya pasar lelang ini dapat menjadi tempat dikumpulkannya hasil panen cabai petani Kecamatan Mirit untuk kemudian dilelang kepada pedagang dengan harga yang sesuai. Seperti halnya yang sudah diketahui dalam beberapa dekade terakhir harga cabai mengalami pasang surut yang cukup signifikan terkadang sangat tinggi dan pernah juga anjlok hingga kebanyakan petani cabai di Indonesia merugi.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementan juga sedang gencar menggiatkan pasar lelang di bidang hortikultura khususnya di level Farm Gate. Hal ini dilakukan agar petani mendapat jaminan kepastian pasar maupun stabilitas harga sehingga mereka bisa menikmati harga yang tertinggi. Meninjau dari segi manfaat diadakannya pasar lelang ini antara lain petani bisa menikmati harga tertinggi, cash and carry, tercipta one region price, harga stabil, dan memangkas rantai pasok. Karena manfaat tersebut,  tentunya pemerintah pusat sangat mendukung kegiatan pasar lelang di tingkat petani untuk di optimalkan.

Launching pasar lelang cabai desa Tlogopragoto kecamatan Mirit tanggal 11/01/2019

Peran pemerintah dan instansi terkait tak luput dari terbentuknya pasar lelang di desa Tlogopragoto Kecamatan Mirit.  Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen dalam hal ini Balai penyuluhan Pertanian kecamatan bersama beberapa kelompok tani yang tergabung dalam Korporasi Guyub Rukun sepakat untuk membentuk pasar lelang cabai untuk kemudian dikelola oleh petani dengan pengawasan dan bimbingan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen karena pasar lelang cabai Kecamataan Mirit ini juga merupakan yang pertama dan satu-satunya di Kabupaten Kebumen.

“Kecamatan mirit merupakan penghasil atau produsen cabai terbesar di Kabupaten Kebumen, sehingga karena potensi tersebut perlu adanya sarana dan prasarana guna mendukung alur pemasaran komoditas cabai agar petani dimudahkan”, ungkap Ir Kotib selaku camat Mirit. Pihak Kecamatan mendukung sepenuhnya untuk kesuksesan dan optimalisasi potensi yang ada di kecamatan Mirit.

”Harapannya, komoditas cabai dapat tercipta keberlanjutan yaitu dari produksi hingga pemasaran agar petani mendapat manfaatnya. Pasar lelang ini akan ditambah dan ditunjang dengan sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan. Kedepannya fungsi pasar lelang tidak hanya untuk komoditas cabai tetapi untuk semua komoditas bidang Hortikultura seperti terong,pare,semangka,melon dan sebagainya agar dapat diperoleh kestabilan harga dan petani memperoleh harga terbaik. Ditahun 2019 ini Kecamatan Mirit kembali mendapat alokasi bantuan untuk tanam cabai dari Dinas seluas 35 Ha agar bisa dioptimalkan,” Tegas Bapak Santoso selaku Kabid Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten kebumen dan juga sekaligus mewakili Kepala dinas dalam meresmikan pasar lelang cabai.

Tinggalkan Balasan