Halo Peternakan Halo Tips

Tips agar ayam anda tidak gampang stres

Tips Agar Ayam Peliharaan Tidak Mudah Stres

halotani.com – Kondisi stres pada ayam biasanya akan menjangkit pada saat terjadi cuaca ekstrim yang akan mempengaruhi kondisi tubuh ayam.

Jika ayam stres maka akan timbul dampak negatif yaitu pada gangguan pertumbuhan dan merangsang pertumbuhan penyakit patogen.

Stres pada ayam biasanya berkaitan dengan sistem saraf, sistem hormonal maupun sistem kekebalan tubuh. Faktor pemicunya antara lain karena cuaca, vaksin, lingkungan dan jenis perlakuan yang salah.

Dokumentasi ayam kurang sehat

Berikut sedikit tips agar ayam tidak mudah stres :

  • Memberinya multivitamin dan elektrolit sebelum atau sesudah dilakukan vaksinasi
  • Hindari perlakuan kasar selama pemeliharaan ayam misalnya suara bising yang ada di sekitar kandang
  • Mengusahakan lingkungan kandang tetap stabil, menjaga sirkulasi udara berjalan dengan baik, dan menghindari debu berlebih di dalam kandang. Selain itu juga, hindari perubahan temperatur, peralatan dan pola aktivitas sehari-hari anda di dalam kandang sebagai pemilik ayam.
  • Menempatkan peralatan kandang secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan jumlah ayam, dalam hal ini misalnya jumlah pakan, minum dan kebutuhan lain.
  • Menghindari tingginya kandungan gas amoniak dalam kandang, dengan cara menjaga kandang tetap kering dan kepadatan ayam tetap terjaga.
Dokumentasi ayam terserang penyakit

Stres mengakibatkan pertumbuhan ternak anda menjadi tidak baik dan mengakibatkan pertumbuhan bibit penyakit yang dapat menimbulkan kerugian secara materiil.

Tinggalkan Balasan